Rabu, 21 Januari 2015

TUGAS 7 BISNIS INTERNASIONAL & KERJASAMA REGIONAL ASEAN


Kerja sama internasional adalah bentuk hubungan yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain. Kerja sama internasional bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan untuk kepentingan negara-negara di dunia. Kepentingan nasional berkaitan dengan tujuan nasional dalam kurun waktu tertentu.Kepentingan juga berisi sasaran-sasaran nyata yang harus diwujudkan. Keberhasilan mewujudkan tujuan nasional dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa. Perkembangan dan masa depan negara akan menjadi lebih sulit bila menutup dirinya untuk tidak mengadakan kontak kerja sama dengan negara lain.
ASEAN adalah organisasi yang bertujuan mengukuhkan kerja sama regional negara-negara di Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok oleh lima negara pendiri ASEAN. Negara pendiri tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. ASEAN dalam menjalankan tugas-tugasnya dengan melibatkan komite di berbagai bidang.
Selain ASEAN kerja sama regional juga terdapat AFTA (ASEAN Free Trade Area Area) dan APEC (Asia Pacific Economic  Cooperation Cooperation).
AFTA atau kawasan perdagangan bebas ASEAN adalah forum kerja sama antarnegara ASEAN yang bertujuan menciptakan wilayah perdagangan bebas di seluruh kawasan ASEAN. Konsep perdagangan bebas ini antara lain meliputi penghapusan atau penurunan tarif perdagangan barang sesama negara ASEAN sehingga menurunkan biaya ekonomi.

Daftra Pustaka
http://www.academia.edu/6905196/KERJASAMA_INTERNASIONAL_MAKALAH



Tidak ada komentar:

Posting Komentar